Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tumbuhan paku


TUMBUHAN PAKU (PTERYDOPHYTA)
Hai sobat apakah kalian tahu apa itu tumbuhan paku ?
Tumbuhan paku atau PTERYDOPHYTA  merupakan tumbuhan yang berpembuluh ,terdapat lapisan pelindung sel di sekeliling organ reproduksi,hidup di tempat yang lembap. Yang memiliki Akar serabut berupa rizoma, ujung akar dilindungi kaliptra. Sel-sel akar membentuk epidermis, korteks, dan silinder pusat  yang terdapat xilem dan fleom juga.

            Batang tumbuhan paku tidak tampak karena terdapat di dalam tanah berupa rimpang, sangat pendek. Daunnya ketika masih muda melingkar dan menggulung. Berdasarkan bentuk dan ukurandan susunannya daun tumbuhan paku dibedakan menjadi mikrofil dan makrofil. Tumbuhan paku memiliki Sporofil berfungsi untuk menghasilkan spora.

           Apakah kalian tau? Spora tumbuhan paku dibentuk dalam sporangium. Kumpulan sporangium disebut sorus. Sorus muda sering dilindungi oleh selaput yang disebut indusium. Berdasarkan macam spora yang dihasilkan tumbuhan paku dibedakan menjadi tiga yaitu paku homospora, paku heterospora dan paku peralihan. Paku homospora menghasilkan satu jenis spora contohnya paku kawat atau nama lainnya Lycopodium. Paku heterospora menghasilkan dua jenis spora yang berlainan yaitu megaspora ukuran besar dan mikrospora ukuran kecil contohnya Paku rane atau nama lainnya Selaginella selain itu ada juga Marsilea/semanggi. Paku peralihan merupakan peralihan antara homospora dan heterospora menghasilkan spora pbentuk dan ukurannya sama tetapi berbeda jenis kelamin contohnya paku ekor kuda atau nama lainnya Equisetum debile.

hmm..... sebenarnya Tumbuhan paku bereproduksi secara aseksual vegetatif dengan stolon yang menghasilkan gemma tunas.sedangkan gema itu sendiri asdalah anakan pada tulang daun atau kaki daun yang mengandung spora. Reproduksi seksual generatif melalui pembentukan sel sperma /spermatozoid gametangium jantan/anteridium dan sel telur/ovum gametangium betina/arkegonium. Seperti pada lumut tumbuhan paku juga mengalami pergiliran keturunan/metagenesis. Metagenesis tersebut dibedakan antara paku homospora dan heterospora.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar